Teguhkan Iman dan Takwa, MTsN 7 Malang Gelar Pondok Ramadan 1445 H

Tumpang— Seusai jam pelajaran keempat, segenap siswa MTsN 7 Malang berkumpul di Masjid Alkindi mengikuti pembukaan kegiatan pondok Ramadan (13/03/24). Kegiatan pondok Ramadan ini berlangsung selama dua pekan mulai tanggal 13 hingga 25 Maret 2024.

Pembukaan pondok Ramadan 1445 H di Masjid Alkindi

Dalam sambutannya, Plh Kepala MTsN 7 Malang, Bapak Ainur Ridwan, M.Pd menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan pondok Ramadan ini, yaitu membimbing siswa dalam meningkatkan kegiatan ubudiyah khususnya selama bulan Ramadan. “Tidak hanya selama Ramadan, dampak jangka panjang dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah ketika Ramadan telah usai,” pungkasnya. Hal tersebut senada dengan surat Albaqarah ayat 183, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” Terlihat jelas dalam ayat tersebut bahwa orientasi dari berpuasa Ramadan adalah sebagai benteng pelindung dari segala perbuatan maksiat sehingga kita menjadi hamba yang bertakwa. Sambutan dari Ainur sekaligus membuka kegiatan pondok Ramadan kali ini.

Usai acara pembukaan, seluruh siswa kelas VII kembali ke kelas masing-masing untuk tadarus dan dilanjutkan dengan pendalaman materi mengenai materi puasa, thaharah, zakat, moderasi beragama, praktik berwudu, dan praktik salat. Sementara itu, kelas VIII dan IX tetap berada di masjid untuk mengikuti kajian kitab mabadiul fiqih karangan Syaikh Umar Abdul Jabbar. Baik kelas VII, VIII, hingga IX mengikuti kegiatan ini secara khidmat. Walaupun dilaksanakan pondok Ramadan, pembelajaran di MTsN 7 Malang tetap berlangsung secara efektif. Hal ini karena pelaksanaan pondok Ramadan dilaksanakan di luar jam pelajaran. Tidak hanya siswa, guru dan staf karyawan MTsN 7 Malang juga mengikuti kajian tersendiri sepulang siswa dari madrasah.

Guru dan delegasi siswa sedang khatmil quran di mini hall

Penjelasan materi ubudiyah di kelas VII

Kajian Kitab Mabadiul Fiqih oleh Bapak M. Zainuddin, M.Pd yang diikuti kelas VIII dan IX di Masjid Alkindi

Secara bergilir, pada tanggal 13, 14, 15 Maret, dilaksanakan pengumpulan zakat fitrah dimulai dari elas siswa VII, VII, dan IX. Zakat terkumpul akan diberikan kepada para mustahiq zakat mulai dari siswa hingga warga sekitar madrasah. Hal ini sebagai wujud kepedulian sosial madrasah kepada warga sekitar.

Panitia berupaya menyemarakkan Ramadan tahun ini melalui dunia maya. Upaya tersebut dilakukan dengan memposting one day one prayer di instagram, tiktok, twitter. Di kanal youtube MTsN 7 Malang, diunggah tausiyah Ramadan oleh Ibu Retno Andri Wiyanti, S.Pd sebagai perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP) MTsN 7 Malang. Selain itu, di kanal youtube tersebut juga terdapat unggahan lantunan ayat suci Alquran oleh Ananda Salwa Calluella dan Ananda Iqlima Rahma dari kelas kelompok belajar cepat (KBC).

Di sela-sela rangkaian kegiatan pondok Ramadan (22/03/24), tim penyuluh keagamaan Kantor Kementerian Agama dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang berkunjung untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh siswa tentang Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Berbasis Pendidikan Agama. “Target utama penyebaran narkoba adalah para remaja,” tegas Syaifudin Maarif, S.Ag, M.Si, selaku penyuluh keagamaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang. Dalam surat Al A’raf ayat 157 ditegaskan bahwa “Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala hal yang buruk”. Dalam ayat tersebut terlihat jelas bahwa ajaran Islam sangat melarang penyalahgunaan narkoba karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan (fisik dan psikis). “Sebagai remaja, kalian harus memperkokoh pertahanan spiritual. Untuk memperkokoh pertahanan spiritual, seorang remaja harus mengamalkan ajaran-ajaran Islam secara kaffah (menyeluruh),” lanjut Syaifuddin.

 

Sosialisasi Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Berbasis Pendidikan Agama oleh Bapak Syafiudin Maarif, S.Ag, M.Si

H. Nasrulloh, M.PdI (Plt. Kepala MTsN 7 Malang) menutup kegiatan pondok Ramadan 1445 H

Pondok Ramadan ini ditutup dengan peringatan Nuzulul Quran (25/03/24). Setiap kelas mendelegasikan satu siswa untuk mengikuti khatmil quran di mini hall. Seusai kegiatan khatmil quran, seluruh siswa dan guru mengikuti penutupan kegiatan di Masjid Alkindi. H. Nasrulloh, M.PdI, selaku Plt. Kepala MTsN 7 Malang menyampaikan terima kasih setulus-tulusnya kepada seluruh siswa karena telah mengikuti serangkaian kegiatan pondok Ramadan dengan baik. Beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi trigger bagi seluruh siswa agar menjadi hamba yang jauh lebih baik lagi. Beliau juga berpesan kepada seluruh siswa jika ingin selamat baik di dunia maupun di akhirat, jadikanlah Alquran sebagai pedoman dalam kehidupan.

Penyerahan satu set speaker active portable ke TPQ di sekitar MTsN 7 Malang

Bentuk kepedulian sosial lain pada tanggal 1 hingga 3 April 2024, MTsN 7 Malang melaksanakan bakti sosial. Bakti sosial ini dilaksanakan dengan memberikan bantuan berupa satu set speaker active portable kepada 6 taman pendidikan Alquran (TPQ) di sekitar wilayah MTsN 7 Malang. (Nic)

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

PELAKSANAAN MATSAMA, MEWUJUDKAN ...
MTsN 7 Malang - Pelaksanaan Apel pembukaan MATSAMA di MTsN 7 M...
Bimbingan Teknis Penyusunan Pera...
           Rabu 3 Juli 2024, MTsN 7 Malang menjadi tuan rumah ...
Sambut Tahun Ajaran Baru, MTsN 7...
  Dalam rangka mempersiapkan tahun ajaran baru 2024, MTsN 7 Ma...
HASIL SELEKSI ADMINISTRASI GURU IPA
HASIL SELEKSI ADMINISTRASI GURU IPA MTs NEGERI 7 MALANG Silahk...
UJI KECAKAPAN PRAMUKA GARUDA
Uji kecakapan pramuka garuda tahap 1 yang dilaksanakan di kwar...
Berbagi Berkah Iduladha, MTsN 7 ...
Dalam rangka perayaan Hari Raya Iduladha 1445 H, MTsN 7 Malang...

Download App

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Hubungi kami di : 0341-8561108

Kirim email ke kamimtsntumpang@gmail.com

Download App

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman