Tumbuhkembangkan Jiwa Solidaritas dan Sportivitas melalui Porseni Tingkat KKM MTsN 7 Malang

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang menggelar kegiatan Pekan Olah dan Seni (Porseni). Tujuan dari kegiatan tersebut, yaitu untuk meningkatkan mutu dan daya saing pendidikan madrasah di bidang non akademis. Salah satu kegiatan tersebut dilaksanakan di wilayah satuan kerja KKM MTsN 7 Malang (14/12).

Dalam apel pembukaan, ketua panitia kegiatan Porseni tingkat KKM MTsN 7 Malang, Ainur Ridwan, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan porseni diikuti atlet/peserta dari 19 madrasah se-KKM MTsN 7 Malang, dengan dibagi menjadi dua kategori yaitu olahraga dan seni. Cabang olah raga terdiri atas atletik (lari 100 meter, lari 400 meter, lari 3000 meter, lompat jauh, dan tolak peluru), bulu tangkis, tenis meja, catur, futsat, bola voli, dan seni pencak silat (tunggal dan ganda). Sementara itu, cabang seni terdiri atas MTQ, tahfiz, kaligrafi kontemporer, pidato 3 bahasa (bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab), dan vlog.

Beberapa hari sebelum pelaksanaan, berkas-berkas peserta melalui proses verifikasi sangat ketat oleh tim verifikator. Selain agar diperoleh data yang objektif dan valid dari setiap peserta yang akan berkompetisi, tujuan dilaksanakan verifikasi ini untuk meminimalisasi terjadinya kecurangan-kecurangan yang terjadi di lapangan, tegas Ainur Ridwan, M.Pd. Dari 572 peserta yang mengikuti seleksi administrasi, terpilihlah 473 peserta yang layak untuk mengikuti seleksi Porseni.

Dalam sambutannya, Miftakhul Khoir, S.Pd, M.PdI, selaku pengawas madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang mengapresiasi kepada seluruh peserta yang mengikuti proses seleksi ini. Pelaksanaan seleksi Porseni ini merupakan ajang untuk menumbuhkembangkan jiwa sportivitas sekaligus aktualisasi diri bagi peserta didik khususnya di madrasah, jelas beliau. Miftakhul Khoir, S.Pd, M.PdI juga secara simbolis membuka kegiatan porseni ini.

Setelah apel pembukaan tersebut, seluruh peserta menuju spot masing-masing dengan didampingi oleh official dari masing-masing madrasah. Hampir seluruh kompetisi berlokasi di MTsN 7 Malang. Terdapat tiga cabang olah raga yang dilaksanakan di luar MTsN 7 Malang, yaitu atletik, bulu tangkis, dan futsal.

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Dalam kegiatan penutup, Pono, S.Ag, M.Pd, selaku Ketua KKM MTsN 7 Malang mengungkapkan rasa terima kasih yang setulus-tulusnya karena para peserta telah berjuang dengan sangat maksimal dan sportif. Beliau berharap seluruh peserta yang mendapatkan juara di masing-masing cabang olah raga dan seni dapat menjadi delegasi hingga tingkat provinsi.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan pada setiap juara. Dari ke-20 cabang olah raga dan seni, hampir 75% predikat juara 1 & 2 diraih oleh MTsN 7 Malang. Dengan demikian, MTsN 7 Malang mendapatkan penghargaan sebagai juara umum Porseni tingkat KKM MTsN 7 Malang tahun 2022. (T-Co)

Alamat Madrasah

Jl. Raya Pandanajeng No. 25 Tumpang, Kab. Malang