Vaksinasi Covid-19 Wali Peserta Didik MTsN 7 Malang, Wujud Partisipasi Konkret Madrasah Menghindari Lost Generation

Percepatan pelaksanaan vaksinasi  merupakan  satu dari tiga pilar utama penanggulangan  covid-19 yang sedang dijalankan oleh pemerintah. Selain itu, pemerintah juga memasifkan kampanye 5.M ( memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi ) yang merupakan pilar kedua dalam penanggulangan Covid-19. Pilar utama yang ketiga mencakup kegiatan pemeriksaan, pelacakan dan penanganan kasus secara masif.

MTsN 7 Malang, sebagai Madrasah Tangguh yang telah ditetapkan oleh Bupati Malang, H.M.Sanusi, M.M. sejak tanggal 22 Oktober 2020, turut serta mengambil peran dengan mengadakan vaksinasi untuk seluruh wali peserta didik kelas 7, 8 dan 9 serta keluarga mereka yang berusia di atas 16 tahun. Pada waktu yang bersamaan, masyarakat sekitar madrasah juga diundang untuk mengikuti kegiatan vaksinasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 8 September 2021, bekerjasama dengan satgas Covid-19 kecamatan Tumpang. Sebelumnya, madrasah telah terlebih dahulu menghadirkan seluruh wali murid, secara bertahap, untuk menerima sosialisasi tentang pelaksanaan PTMT ( Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ) dan pentingnya vaksinasi covid-19.

Drs.Sukarlin, M.Si, sebagai orang nomor satu di kecamatan Tumpang, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada MTsN 7 Malang atas kegiatan positif yang telah diadakan untuk menanggulangi Covid-19. Menurut beliau, kegiatan ini bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi madrasah dan sekolah di wilayah lain, untuk berpartisipasi membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi covid-19.

Tentang kegiatan ini, Kepala MTsN 7 Malang, Pono, S.Ag.,M.Pd. mengatakan perlunya edukasi kepada masyarakat bahwa melakukan vaksin itu penting untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Antusias masyarakat sekitar madrasah dan wali peserta didik untuk mengikuti kegiatan vaksinasi cukup bagus, meskipun selama ini terus bermunculan informasi hoaks tentang bahaya vaksin di media sosial. Beliau berharap bahwa dengan telah dilaksanakannya vaksinasi bagi seluruh wali peserta didik dan masyarakat sekita madrasah, akan dapat mempercepat pelaksanaan pembelajaran tatap muka 100% bagi seluruh peserta didik, sehingga kekhawatiran tentang lost generation bisa segera dihindarkan.

Leave a Reply

Alamat Madrasah

Jl. Raya Pandanajeng No. 25 Tumpang, Kab. Malang